Golongan darah manusia terdiri dari 4 golongan yaitu A, B, AB, dan O. golongan darah O diklaim sebagai golongan darah yang paling banyak. Kalau Anda memperhatikan, Anda dapat melihat betapa gaya hidup sehat sekarang lebih diutamakan. Hal ini dikarenakan meningkatnya obesitas dari tahun ke tahun, bahkan menurun ke anak cucu. Jika mayoritas umat manusia memiliki golongan darah O, maka demikian pula dengan penderita obesitas di seluruh dunia.   Karena fakta tersebut, maka Anda yang bergolongan darah O harus berhati-hati. Apalagi jika Anda membawa faktor obesitas sejak lahir karena gaya hidup orangtua yang memicu hal tersebut.

 

Diet yang Baik, Diet yang Tidak Menyiksa

Sebagai solusi, maka baik bagi Anda yang menderita obesitas serta Anda yang memiliki kemungkinan obesitas harus memulai pola hidup yang sehat. Caranya adalah dengan diet. Tidak perlu melakukan diet yang ketat, cukup mengurangi hal-hal yang tidak perlu masuk ke dalam tubuh dan menambah asupan yang baik bagi tubuh. Apa saja tips untuk diet yang baik bagi pemilik golongan darah O? Berikut adalah informasinya:

  • Golongan darah terkuat, suka makan daging

Golongan darah O bahkan sudah diketahui sejak zaman nenek moyang. Pemiliknya golongan darah yang satu ini dikenal memiliki tubuh dan sistem kekebalan yang kuat, sehingga beberapa penyakit tidak akan berpengaruh pada tubuh pemilik golongan darah yang satu ini. Sayangnya O kebanyakan memiliki masalah dengan berat badan, maka mengatur pola makan adalah hal utama yang harus dilakukan.  Daging menjadi makanan utama golongan darah ini sejak dulu. Jadi, kabar baik bagi Anda yang bergolongan darah O dan suka makan daging, makanan yang satu ini termasuk baik dikonsumsi oleh Anda, namun dalam kadar yang masih wajar tentunya.

  • Kurangi asupan susu dan produk olahan susu

Asupan produk susu yang berlebihan akan meningkatkan resiko serangan jantung bagi golongan darah O. jadi, pilihlah produk makanan yang rendah susu atau malah bebas susu sama sekali. Selain itu, meski daging sangat diperbolehkan dalam diet golongan  darah O, daging yang rendah lemak akan lebih baik dikonsumsi daripada yang tidak. Jadi, rendah susu dan rendah lemak, namun berprotein tinggi adalah tips dalam menjalani diet golongan darah O.

  • Perbanyak ikan

Ikan merupakan sumber protein hewani yang paling tepat untuk makanan diet orang bergolongan darah O. Rendah lemak jahat, bebas susu, dan berprotein tinggi. Diutamakan mengonsumsi daging ikan kod, kembung, salmon, sarden, nila, dan haring. Sedangkan daging merah yang boleh sering dimasukkan ke dalam menu makanan adalah daging sapi, kerbau dan rusa. Seafood dan daging unggas masih diperbolehkan dalam batas wajar. Namun, hindari daging ikan lele, angsa, dan gurita.

  • Perbanyak sayur dan buah tertentu

Sayur dan buah tentunya merupakan asupan yang penting untuk tubuh Anda. masing-masing golongan darah memiliki sayur dan buah yang harus sering dikonsumsi, harus cukup dikonsumsi, dan bahkan yang dihindari. Buah dan sayur yang harus sering dikonsumsi adalah ceri, plum hijau, brokoli, bawang putih, selada, labu kuning, dan lobak.

  • Olahraga

Olahraga penting untuk membentuk massa otot dan mencegah berbagai penyakit di kemudian hari. Karena orang bergolongan darah O cepat merasa lelah, ada baiknya melatih tubuh dengan disiplin sehingga kekurangan tersebut tidak membebani Anda dalam aktivitas apapun.

Itulah tips diet yang bisa diberikan untuk Anda yang bergolongan darah O.