Menutup aurat merupakan kewajiban setiap wanita muslimah. Jadi, sudah seharusnya setiap wanita menutup auratnya sesuai syariat Islam. Dalam perkembangannya, pada masa sekarang sudah cukup banyak wanita yang telah mengenakan hijab. Akan tetapi, hijab yang mereka gunakan sangat beragam seperti halnya hijab-hijab gaul yang sering kali tidak sesuai dengan syariat Islam. Jika dilakukan perbandingan, mungkin muslimah yang memakai hijab syari masih lebih sedikit dibandingkan dengan hijab gaul. Padahal, hijab haruslah memenuhi syarat tidak terbuka sehingga mampu menutup aurat wanita dengan sempurna. Hijab harus tidak transparan sehingga tidak menerawang. Hijab juga seharusnya tidak ketat sehingga tidak memperlihatkan lekuk tubuh wanita. Sudah waktunya para muslimah mulai memakai hijab yang syari.                                           

Jika Merasa Berat Berhijab Syari, Lakukan Tips Berikut untuk Memulainya

  • Bulatkan niat karena Allah

Untuk memulai mengenakan hijab syari, Anda perlu membulatkan tekad dan niat Anda karena Allah semata. Tetapkan dalam hati dimulai dari hal-hal yang kecil seperti mengenakan pakaian yang sangat sopan. Saat niat berhijab syari muncul, jangan menunda untuk memakainya. Bersegeralah untuk memakai hijab syari tersebut. Jangan menunggu atau menunda terlalu lama lagi. Jangan sampai keraguan Anda muncul kembali. Anda harus berkomitmen untuk istiqomah memakainya dan jangan lepas-pakai lagi. Ingatlah perintah Allah dalam kitab suci untuk memakai hijab yang syari. Hal ini akan membuat Anda kuat atas apapun kata orang nantinya saat Anda memakai hijab tersebut. Bukan untuk mendapat pujian, bukan pula memakainya karena terpaksa.

  • Tambah pengetahuan agama Anda

Ketika memulai mengenakan hijab syari, Anda perlu menambah pengetahuan agama Anda. Seringlah datang ke majelis, membaca buku-buku tentang Islam, dan mempelajari kitab suci alQuran dengan maknanya. Dengan melakukan beberapa kegiatan tersebut Anda akan semakin mantap untuk berhijab syari. Sedikit demi sedikit Anda akan sadar dan lebih paham pentingnya berhijab syari karena itu merupakan kewajiban setiap muslimah.

  • Mencari teman bergaul yang memiliki pemahaman agama lebih baik

Lingkungan juga menjadi salah satu faktor yang penting ketika Anda memulai berhijab syari. Untuk semakin menguatkan Anda, bergaulah dengan muslimah lain yang pemahaman agamanya lebih baik. Dengan demikian, Anda akan mendapatkan teman yang sama-sama berjuang mengenakan hijab syari dan bisa saling menguatkan. Anda bisa berdiskusi dan menambah pengetahuan dengan orang-orang tersebut. Bergaul dengan banyak teman yang sholihah membantu Anda menjadi lebih baik pula.

  • Bersyukurlah lebih banyak

Bersyukur akan membuat hati Anda semakin bahagia dan lapang.  Ketika memulai berhijab syari sering-seringlah mengucapkan Alhamdulillah sebagai bentuk rasa syukur karena Anda telah diberi kesempatan dan hidayah untuk berhijab sesuai perintah-Nya. Mengingat masih banyak wanita muslimah yang belum berhijab sesuai syariat, Anda patut banyak bersyukur tidak hanya melalui ucapan, namun juga bersyukur melalui perbuatan. Semakin latih diri Anda untuk menjadi jauh lebih baik daripada sebelumnya.

  • Tetaplah berprestasi

Mengenakan hijab syari dengan istiqomah bukan berarti Anda tidak bisa lagi melakukan banyak hal. Anda tetap bisa melakukan berbagai aktivitas dengan normal dan tetap berprestasi. Hijab syari bukan halangan bagi wanita muslimah untuk mengukir prestasi. Anda masih bisa melakukan berbagai pencapaian pada bidang yang disukai selama tidak melanggar syariat Islam. Selain itu, Anda bisa menunjukkan prestasi Anda dengan mengajak saudari-saudari yang lain untuk memulai mengenakan hijab syari. Selalu jaga hati dan jaga pandangan Anda untuk melaksanakan perintah Allah dengan hijab syari yang senantiasa dikenakan.

Berhijab syari sangat diperintahkan bagi setiap wanita muslimah. Sudah bukan waktunya lagi untuk menunda mengenakan hijab syari selama masih diberi kesempatan untuk hidup. Dengan memulai berhijab syari diharapkan setiap sikap dan tindakan yang dilakukan lebih sesuai dengan syariat Islam. Teruslah belajar menjadi lebih baik karena tidak ada orang yang sempurna, dan mulailah dengan berhijab syari.