Anak merupakan titipan Allah yang harus dijaga dan tidak boleh diabaikan. Akan ada hukuman berat baik itu hukum negara maupun agama bila ada orang tua yang tega menelantarkan anak-anaknya. Bagi orang tua, mendidik anak itu menjadi kewajiban yang harus dilakukan. Bila orang tua tidak mendidik anaknya dengan baik, maka jangan salahkan siapa pun bila anak Anda nantinya akan tumbuh jadi anak yang nakal dan kurang ajar.

3 Tips Mendidik Anak Secara Islami

Mendidik anak memang tidak mudah, bila anak mendapatkan salah didikan maka hal itu akan mempengaruhi sifatnya saat dewasa nanti. Penting bagi orang tua untuk selalu mendidik anaknya dengan baik apalagi mendidiknya dengan agama. Mendidik anak dengan agama yang baik nantinya akan menjauhkan sang buah hati dari perilaku buruk dan membuat sang anak menjadi lebih taat beribadah. Berikut ini ada 3 tips mendidik anak secara islami yang bisa Anda coba lakukan di bawah ini, antara lain sebagai berikut.

  1. Mengajari anak untuk rajin beribadah (sholat, mengaji dan puasa)

Bagi Anda umat muslim, sangat diharuskan untuk mengajari anak-anak untuk rajin beribadah seperti sholat dan mengaji. Tidak harus mewajibkan untuk bisa hafal Al Quran tetapi minimal anak Anda harus bisa membacanya. Untuk sholat sendiri, biasakan untuk selalu mengajarinya tepat waktu dan menghilangkan sifat malas. Ketika sudah waktunya untuk sholat subuh, maka orang tua harus membangunkan anaknya untuk sholat dan mengajaknya untuk sholat berjamaah. Ketika dewasa nanti hal tersebut akan menjadi kebiasaannya. Selain sholat dan mengaji, anak-anak juga harus diajari untuk berdoa ketika mau makan, mau tidur, mau ke kamar mandi dan lain sebagainya. Saat ramadhan, ajari anak-anak untuk berpuasa, bila masih kecil, puasa setengah hari bisa Anda ajarkan.

  1. Mengajari anak untuk saling tolong menolong

Tips selanjutnya adalah mengajari anak-anak untuk saling tolong menolong. Dengan begitu, nantinya anak-anak akan terhindarkan dari sifat egois. Usahakan untuk memberikannya contoh seperti membantu ibu membersihkan rumah atau membantu ayah membuatkan minuman dan lain sebagainya. Mengajari anak-anak untuk saling tolong menolong juga akan membuat anak-anak menjadi pribadi yang menyenangkan serta ringan tangan tak peduli itu keluarga atau bukan.

  1. Mengajari anak untuk selalu berkata jujur

Anak-anak yang takut kepada orang tuanya maka akan cenderung berbohong. Maka dari itu, Anda harus menjadi orang tua yang menyenangkan dan tidak ditakuti oleh anak-anak. Sifat takut tersebut akan mendorong mereka untuk selalu berbohong karena takut dimarahi. Untuk menyiasatinya, Anda jangan memaharinya melainkan memberikan pengertian jika mereka berbohong maka akan mengalami hal-hal buruk atau akan mengalami hidung panjang seperti pinokio. Dengan begitu anak-anak akan merasa takut dengan sendirinya dan kemudian akan selalu berkata jujur.

Adapun juga tips lain seperti selalu menghormati kepada orang yang lebih tua dan mengajari anak untuk tidak melakukan hal-hal negatif. Kebanyakan para orang tua lebih memilih memasukkan anak mereka ke pondok pesantren supaya ilmu agamanya lebih baik dan akhlaknya juga bagus. Tetapi Anda pun juga bisa mendidiknya di rumah dengan melimpahkan kasih sayang dan waktu Anda semaksimal mungkin. Anak agar rajin beribadah tentu hal itu dimulai dari orang tuanya dahulu, bila sang ayah/ibu tidak rajin beribadah maka tak heran jika anaknya juga demikian. Jadi sudah menjadi kewajiban Anda untuk memberikan contoh yang baik bagi sang buah hati.